Manfaat Laporan Keuangan

Manfaat Laporan Keuangan

Manfaat Laporan Keuangan

Jika perusahaan Anda sudah memiliki laporan keuangan yang lengkap, tentu Anda sudah merasakan banyak manfaatnya. Pengambilan keputusan lebih tajam dan kualitas keputusan juga lebih baik. Nah bagi Anda yang belum memiliki laporan keuangan, berikut beberapa manfaat laporan keuangan yang bisa saya share kepada Anda.

Laporan Keuangan memberikan manfaat ke banyak pihak yang terbagi dalam 2 kelompok, pihak internal dan eksternal.

Internal

1. Pengelola (direksi & manajemen)

Laporan keuangan memberikan informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan, evaluasi usaha yang sedang berjalan, melakukan budgeting dan kontrol internal. Jika informasi keuangan yang diberikan akurat, maka pengelola bisa mengambil keputusan dengan jernih berdasarkan data-data yang dimiliki.

2. Karyawan

Karyawan Anda akan tertarik dengan informasi keuangan yang terkait dengan stabilitas dan profitabilitas perusahaan. Hal ini dapat memberikan gambaran apakah perusahaan mampu  memberikan balas jasa dan menyediakan kesempatan bekerja dan berkarir untuk jangka waktu yang lama.

Eksternal

1. Investor/owner

Investor atau owner berkepentingan dengan informasi yang berhubungan dengan resiko yang terkait dengan investasi modal. Informasi tersebut akan membantu mengambil keputusan apakah harus menambah modal, mengurangi atau menjual sahamnya. Selain itu investor juga perlu menilai kemampuan perusahaan membayarkan dividen/bagi hasil.

2. Pemberi Pinjaman

Pihak yang memberi pinjaman berkepentingan dengan informasi yang menunjukkan kemampuan perusahaan membayar hutang beserta bunganya dengan tepat waktu. Laporan keuangan dapat membantu mereka untuk menentukan besar plafon, bunga dan jangka waktu yang diberikan.

3. Supplier

Pihak supplier dan pemberi hutang jangka pendek lainnya berkepentingan dengan informasi yang menunjukkan kemampuan perusahaan membayar hutang jangka pendeknya. Informasi tersebut akan membantu supplier untuk menentukan jumlah piutang yang diberikan dan jangka waktunya.

4. Pelanggan

Pelanggan memerlukan informasi yang berhubungan dengan kelangsungan perusahaan, terutama pelanggan yang melakukan kerjasama jangka panjang. Pelanggan yang loyal membutuhkan hubungan jangka panjang dan langgeng.

5. Pemerintah

Bagi pemerintah, mereka dapat menilai kemampuan perusahaan dalam membayar pajak ­čśÇ

Ada satu lagi manfaat yang saya rasakan pribadi yaitu bisa melakukan benchmarking dengan perusahaan lain di industri yang sama, bahkan bisa melakukan benchmarking dengan perusahaan software lain seperti Microsoft. Itulah enaknya :)

Nah, bagi yang belum memiliki laporan keuangan yang memadai, Anda bisa mengikuti workshop Laporan Keuangan untuk Pengusaha, 21-22 Januari 2012 di Grand Hotel Panghegar. Daftarlah sekarang :)

Incoming search terms:

8 thoughts on “Manfaat Laporan Keuangan

Leave a Reply